Monday, January 11, 2010

POSYANDU Fasilitas Kesehatan Murah Untuk Bayi Indonesia

Bicara tentang kesehatan anak balita mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia sesuatu hal yang sangat mahal. Lha wong buat makan saja susah apalagi ngurusin kesehatan dan . Bisa makan untuk sehari-hari saja sudah Alhamdulillah, itulah potret kehidupan masyarakat kita terutama masyarakat di pedesaan dan daerah terpencil. Hadirnya program POSYANDU memang merupakan jawaban bagi mereka yang kesusahan dalam masalah ini. Siapa tak kenal POSYANDU yang singkatan dari POS PELAYANAN TERPADU. Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata POSYANDU. Mungkin masih ada ingat waktu kecil kita dulu ibunda kita menggendong kita ke balai desa atau aula atau PUSKESMAS setiap bulan sambil membawa KARTU MENUJU SEHAT, lalu sang Bidan desa menimbang kita dengan timbangan (daging) didalam sarung. Lalu pada saat pulang kita biasanya diberi telur rebus dan susu.

POSYANDU memang program pemerintah yang sudah berjalan sejak lama dan sampai sekarang masih dipertahankan. Program ini memang di fokuskan untuk masalah kesehatan BALITA. Mungkin masih ada yang ingat sebuah iklan PSA yang liriknya:

AKU ANAK SEHAT, TUBUHKU KUAT
KARENA DIRIKU DI TIMBANG SELALU
KETIKA AKU BAYI SELALU DIBERI ASI
MAKANAN BERGIZI DAN IMUNISASI

POSYANDU MENUNGGUKU SETIAP WAKTU
JIKA AKU DIARE IBU SELALU WASPADA
PERTOLONGAN ORALIT SELALU SIAP SEDIA


Kurang lebih liriknya seperti itu. POSYANDU memang diakui merupakan fasilitas kesehatan murah, karena kita bisa memeriksakan kesehatan baby kita secara cuma-cuma. Gak hanya itu POSYANDU juga memberikan IMUNISASI Gratis kepada masyarakat, walaupun imunisai yang diberikan adalah imunisasi dasar antara lain: BCG, DPT, POLIO dll.

No comments:

Post a Comment